Minggu, 11 Maret 2012

Perkembangan Internet di Indonesia (e-commerce task)

Perkembangan dunia maya di indonesia ini memang cukup membanggakan, apalagi dengan dukungan pemerintah yang sangat kooperatif. Pemerintah pun melakukan langkah nyata dalam mengembangkan internet di Indonesia. Lihat saja sekarang banyak desa-desa yang sudah terjangkau internet untuk saat ini, memang tidak semua desa terjangkau internet semua. Namun lambat laun pasti akan terwujud negara Indonesia yang berkembang dengan internetnya. Boleh dikatakan sekarang Internet masuk desa, ibarat dahulu listrik masuk desa.

Melihat perkembangan tersebut dengan didukungnya oleh pemerintah maka sudah sepatutnya media internet dikedepan. Prospek internet yang begitu baik membuat pelaku-pelaku bisnis internet pun bekermbang pesat. Banyak pelaku bisnis baru yang bermunculan dan pelaku bisnis yang lama semakin berkembang.
Data jumlah pengguna Internet di Indonesia sampai sekarang masih cukup variatif datanya. Data yang dikutip dari AntaraNews menunjukkan jumlah pengguna Internet di Indonesia kini sudah mencapai 48 juta pengguna. Data ini berbeda dengan data sebelumnya dari Saling Silang (84,748 juta pengguna Internet) dan Internet World Stats (39,6 juta pengguna Internet).

AntaraNews juga memberitakan bahwa pada tahun 2015 akan terjadi lonjakan pengguna Internet di Indonesia hingga mencapai 100 juta pengguna. Meningkatnya pengguna Internet di Indonesia kemungkinan besar dikarenakan oleh semakin terjangkaunya handphone yang sudah bisa terkoneksi dengan Internet dan semakin murahnya paket Internet yang ditawarkan oleh operator seluler di Indonesia. Selain handphone yang terkoneksi Internet semakin murah, sekarang kita dapat dengan mudah membeli paket modem Internet murah meriah.

Hasil penelitian terbaru dari Yahoo Net Indonesia membuktikan bahwa tarif akses Internet via mobile di Indonesia yang sangat murah (bahkan paling murah se-ASEAN) ikut mendongkrak meningkatnya penggunaan Internet di Indonesia. Rata-rata biaya yang diperlukan untuk mengakses Internet via mobile di Indonesia menurut hasil penelitian Yahoo Net Indonesia adalah Rp 113.000. Mengesampingkan nilai rata-rata tersebut, sekarang saja kita sudah dapat menikmati akses Internet tak terbatas melalui salah satu operator seluler lokal dengan hanya sebesar Rp. 30.000.
Jika kita bandingkan dengan awal tahun 2000, akses Internet di Indonesia masih sangat mahal dan hanya tersedia sedikit warung Internet, jauh berbeda dengan kondisi saat ini. Kini dengan semakin mudahnya masyarakat Indonesia untuk mengakses Internet baik itu melalui handphone atau lainnya, sudah pasti permintaan akan konten digital juga semakin meningkat.



sumber :  http://www.blog.idewebster.com/perkembangan-internet-di-indonesia ;
http://www.teknojurnal.com/2011/12/15/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-kini-sudah-mencapai-48-juta-pengguna/

Berikut beberapa link tentang perkembangan internet di Indonesia:
1. Sekilas Perkembangan Internet di Indonesia
2. Mengikuti Perkembangan Internet di Indonesia
3. Makalah Perkembangan Internet di Indonesia
4. Perkembangan Internet di Indonesia dan Manfaatnya Bagi Masyarakat Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar